BERKENALAN DENGAN STROKE

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Seringkali kualitas kesehatan manusia mulai menurun seiring dengan bertambahnya usia. Usia lanjut lebih rentan untuk menderitaa suatu penyakit, baik penyakit yang disebabkan kuman atau mikroorganisme maupun penyakit yang disebabkan menurunnya fungsi suatu organ penting dalam tubuh. Penyakit yang sering menyerang pada usia tua adalah stroke. Apa itu stroke?? Mari ita bahas apa itu stroke secara lebih jelas.
Secara medis stroke ada 2 macam yaitu stroke iskemik atau stroke ringan dan stroke hemoragic atau perdarahan di otak
Secara medis stroke iskemik adalah keadaan dimana terjadi penyumbatan pada pembuluh darah otak yang menyebabkan berkurangnya fungsi bagian tubuh tertentu. Sederhananya adalah darah tidak dapat mengalir ke bagian otak yang pembuluh darahnya tersumbat sehingga oksigen tidak dapat diterima bagian otak tersebut dan menyebabkan otak tidak dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Bagian mana saja yang terganggu??? Adapun bagian yang terganggu adalah bagian tubuh yang dikontrol oleh bagian otak yang tersumbat. Misalnya bagian yang tersumbat adalah bagian yang mengontrol wajah maka yang terganggu adalah wajah sehingga tidak simetris atau biasa disebut mencong. Gejala-gejala lain adalah kelemahan dibagian tanggan dan kaki, bicara tidak jelas dan lain-lain tergantung bagian mana yang tersumbat.

Stroke yang kedua adalah stroke hemoragic yaitu stoke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah otak yang menyebabkan perdarahan di otak dan mengganggu kerja otak yang terhimpit oleh gumpalan darah. Stroke hemoragic biasanya disebabkan oleh penyakit darah tinggi sehiingga pembuluh darah otak tidak mmampu untuk menahan tekanan darah ataupun disebabkan oleh gangguan pembekuan darah. Untuk gejala stroke hemoragic ini biasanya pendeita mengalami muntah-muntah, sakit kepala dan menurunnya kesadaraan.
Itulah tadi sedikit tentang stroke, semoga bermanfaat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama