INI CARA MENGATASI SERANGANBPENYAKIT MAAG

Sakit maag merupakan gangguan pada sistem pencernaan yang sering terjadi pada kita. Kondisi ini biasanya terjadi karena penyebab yang sepele namun berakibat sangat berat. Gejala yang timbul pun bermacam-macam dari rasa mual, muntah, nyeri pada ulu hati, sakit kepala sampai diare pun bisa terjadi.
Sampai seberat itukah efek sakit maag?
Serangan maag atau istilah medisnya gastritis merupakan kondisi saat zat asam pada lambung melebihi batas wajar. Zat asam tersebut memang diproduksi oleh lambung untuk proses pencernaan. Tetapi jika kadar asamnya terlalu banyak maka lambung akan terasa nyeri karena iritasi pada permukaan lambung. Zat asam juga menghasilkan gas yang membuat perut terasa begah. Berikut adalah tips menangani serangan maag.

Minum air hangat

Saat asam mulai meningkat maka akan terasa mual dan begah. Air hangat yang kita minum akan membantu mengurangi rasa mual yang kita rasakan. Tetapi jangan terlalu panas ya.

Segera konsumsi obat maag

Obat maag ada bermacam-macam. Untuk kasus ini obat maag terbaik adalah antasida. Biasanya dijual di toko biasa. Ada yang berbentuk tablet untuk dikunyah, ada juga yang berbentuk sirup.

Hindari makanan asam dan pedas

Saat sakit maag terjadi jangan pernah mencoba untuk makan makanan yang asam dan pedas. Ini akan menambah parah sakit maag. Sebaiknya setelah kurang lebih 30 setelah mengkonsumsi obat maag barulah perlahan memasukkan makanan yang terksturnya lembut.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama