INI PENYEBAB BADAN TERASA LELAH

Hidup sehat merupakan impian semua orang. Tidak ada satu orang pun yang ingin sakit. Namun apadaya yang menentukan adalah yang kuasa. Gejala yang sangat kelihatan pada orang yang sakit adalah semangat dalam beraktivitas. Pada orang sakit akan terlihat lemah, lesu dan cenderung bermalas-malasan. Apa penyebabnya? Mungkin ini penyebab anda menjadi mudah lelah.

Kurang darah (Hb rendah)

Kurang darah maksudnya bukan kekurangan jumlah darah dalam tubuh. Yang dimaksud kurang darah adalah kurangnya kadar hemoglobin (hb) dalam darah yang fungsi utamanya adalah mengikat oksigen untuk dibawa ke seluruh tubuh. Dengan kurangnya jumlah hb secara otomatis akan mengurangi jumlah oksigen yang didiatribusikan sehingga membuat metabolisme sel tubuh tidak maksimal. Akibatnya energi yang dihasilkan proses metabolisme juga sedikit sehingga membuat tubuh merasa letih dan malas untuk melakukan aktivitas. 
Mengapa bisa terjadi?
Kekurangan hemoglobin dapat terjadi karena beberapa hal. Misalnya karena adanya perdarahan saluran pencernaan yang membuat darah keluar dari pembuluh darah. Kekurangan hb dapat juga terjadi karena kelainan pada sel darah merah yang disebabkn oleh produksi sel darah kurang maksimal. 

Kekurangan gula dalam darah

Mengapa kekurangan gula dalam darah dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah?
Gula darah (glukosa) dapat dikatakan sebagai bahan bakar untuk metabolisme. Jika bahan bakarnya kurang ya sudah pasti metabolismenya tidak bisa berjalan dan hasilnya pun akan sedikit. Guda darah didapat dari makanan yang kita makan. Penyumbang terbesar adalah dari karbohidrat yang kita makan akan diolah menjadi glukosa yang berfungsi untuk metaboliame sel.

Kelebihan gula darah

Kenapa??? Katanya tadi kekurangan juga bikin lemah??
Iya benar. Kadar glukosa dalam darah haruslah dalam batas normal. Tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang. Kelebihan gula darah dalam tubuh dapat menyebabkan darah menjadi kental dan mengurangi daya ikat oksigen. Kebayang dong bagaimana darah yang kental harus melewati pembuluh darah mikro yg terdapat diujung-ujung bagian tubuh. Ya agak sulit, apalagi oksigen yang dibawa sedikit. Sampai tujuan saja susah apalagi bawa oksigen. Ya kan. 😅
Kurang istirahat
Istirahat adalah kebutuhan kita semua. Istirahat yang paling baik adalah tidur karena sebagian besar organ melakukan aktivitas yang minimal. Organ yang tetap bekerja saat kita tidur adalah organ-organ yang vital saja misalnya jantung, paru-paru, ginjal dan otak. Sedangkan yang lain beristirahat. Tidur juga akan memaksimalkan proses metabolisme dalam tubuh. Jadi jelas kurang istirahat dapat menyebabkan badan terasa lemah dan leau.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama