INI YANG SEBAIKNYA KAMU LAKUKAN SAAT DIARE

Sistem pencernaan merupakan bagian yang sangat sering terjadi gangguan. Hal ini disebabkan karena saluran prncernaan adalah bagian yang sering bersentuhan dengan barang-barang dari luar tubuh yang tentunya belum bisa dipastikan kebersihannya. Di dalam usus kita memang sudah ada bakteri yang disebut bakteri e coli yang membantu proses pencernaan. Namun jika jumlah bakteri ini melebihi batas wajar maka akan menyebabkan diare pada saluran pencernaan kita.
Diare disebabkan oleh infeksi oleh benda asing di dalam saluran pencernaan. 
Secara alami usus akan berusaha untuk membersihkan kotoran yang dianggap mengganggu sehingga terjadilah buang air besar dalam frekuensi yang banyak. Itu adalah usaha tubuh untuk membuang bakteri yang mengganggu.
Jika kita mengalami diare yang akut atau kehilangan banyak cairan, sebaiknya memperhatikan beberapa hal.

Minum air putih setiap selesai buang air

Untuk menjaga agar cairan tubuh tetap stabil maka kita harus minum sebanyak mungkin. Jika diare disertai muntahbmaka harus segera dibawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Kekurangan cairan akan menimbulkan syok hipovolemik yang akan mengakibatkan ketidakseimbangan cairan tubuh.

Minum oralit

Oralit adalah eletrolit yang dobutuhkan tubuh. Pada kasus diare akut biasanya penderita akan mengalami dehidrasi yang pastinya akan mempengaruhi elektrolit dalam tubuh. Jika tidak punya persediaan oralit dirumah bisa juga membuat larutan air garam dan gula karena garam mengandung natrium kloridayang merupakat elektrolit.
Semoga bermanfaat

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama