PENYEBAB PILEK PAGI HARI


Hidung merupakan salah satu bagian vital kita untuk bernapas. Tuhan telah menciptakan bagian-bagian dari hidung serta fungsinya masing-masing untuk menjaga agar proses pernapasan kita menjadi aman dan nyaman. Mulai dari rambut pada hidung yang berfungai untuk menyaring kotoran yang masuk saat kita bernapas sehingga menumpuk menjadi kotoran, mukosa hidung atau lensir pada hidung yang diciptakan untuk menjaga kelembaban sehingga udara yang masuk menjadi segar dan bagian lain yang mempunyai fungsi masing-masing.
Tapi bagaimana jika bagian luar alat pernapan kita ini terganggu? Pastinya akan berpengaruh juga terhadap aktivitas kita kan. Mungkin informasi ini akan bermanfaat untuk anda yang mempunyai masalah pada hidung.

Hidung mampet

Hidung mampet atau sumbat terjadi karena peradangan pada saluran pernapasan bagoan dalam yang disebabkan banyak hal misalnya infeksi virus influenza atau keadaan alergi terhadap sesuatu. Dalam beberapa kasus biasanya penderita merasakan mampet hanya pada salah satu lubang hidung saja, tetapi ada juga yang tertutup seluruhnya. Jika itu terjadi kepada anda, cara paling mudah adalah dengan memposisikan badan menjadi miring. Jika anda miring ke kanan maka yng terbebas dari mampet adalah yang kiri. Meskipun yang kanan belum tentu terbebas tetapi paling tidak anda bisa bernapas menggunakan hidung yang kiri. Penanganan yang biasa dilakukan di rumah sakit adalah dengan memberikan terapi inhalasi atau uap sehingga membuka rongga napas yang terhimpit.

Bersin-bersin

Bersin-bersin biasa terjadi karena adanya benda asing di saluran pernapasan. Biasa benda yang paling mudah masuk saluran pernapasan adalah debu. Sebaiknya segera bersihkan lubang hidung anda menggunakan air sampai rasa mau bersin berkurang.
Faktor lain yang menyebabkab sering bersin adalah alergi. Alergi bisa terhadap apa saja misalnya alergi debu, bulu kucing, bunga bisa juga alergi terhadap suhu dingin. Anda harus mencari tau apa penyebab alergi anda sehingga dapat mengatasi penyebabnya. Jika penyebab alergi anda adalah sihu dingin mungkin menggunakan masker adalah solusi untuk saat berada di ruang atau saat cuaca dingin.
Semoga bermanfaat...

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama