Pulang dari Bandung, 74 Mahasiswa Jambi Masuk Daftar ODP : Okezone News

JAMBI – Sebanyak 74 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin (STS) Jambi kini berstatus orang dalam pemantauan (ODP) terkait virus corona (Covid-19). Pasalnya, puluhan mahasiswa Prodi Biologi Fakuktas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi ini baru saja pulang praktikum ke UPI Bandung.

Bahkan sempat tersebar isu di media sosial kalau mahasiswa UIN STS Jambi terpapar virus corona. Namun, pihak kampus langsung membantahnya.

Humas UIN STS Jambi, Rahman, mengatakan mahasiwa yang melakukan praktikum ke Bandung dalam kondisi sehat, meskipun berstatus ODP.

“Menanggapi isu di medsos tersebut bahwa mahasiswa UIN terjangkit virus Covid-19 itu tidak benar adanya, hanya hoaks,” ungkapnya, Sabtu 21 Maret 2020.

Ia menerangkan, mahasiswa praktikum yang berangkat ke UPI Bandung berjumlah 74 orang. Mereka didampingi 6 dosen. Rombongan ini berangkat pada 12 Maret dan pulang 17 Maret.

Info grafis virus corona (Covid-19). (Foto: Okezone)

Dia melanjutkan, rombongan berangkat ke Bandung menaiki bus. Begitu tiba di Jambi, seluruh mahasiswa dan dosen langsung diperiksa oleh dokter klinik UIN STS Jambi.

“Dari hasil pemeriksaan, alhamdulillah tidak ada yang mengalami gejala Covid-19, namun pihak Klinik UIN STS Jambi terus memantau semua peserta yang baru saja pulang dari praktikum di luar kampus tersebut sampai saat ini,” ujar Rahman.

Terpisah, Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi yang juga Juru Bicara Covid-19 Johansyah mengatakan, dikarenakan berkunjung ke daerah terdampak virus Covid-19, para mahasiswa yang mengikuti praktikum ini harus dipantau selama 14 hari ke depan.

Selain itu, sambungnya, rencananya pihak satgas juga akan mengunjungi Kampus UIN STS Jambi untuk berkoordinasi dengan pihak rektor. “Untuk sementara mahasiswa ini harus diisolasi di rumah. Ini termasuk ODP,” katanya.

Sebelumnya dari data yang sudah diperbarui Posko Terpadu Pencegahan dan Penanganan Pandemi Covid-19, dari yang semula 13 ODP meningkat menjadi 132 orang. Sedangkan 11 pasien dalam pengawasan (PDP) dan 7 dalam proses uji laboratorium/swab.

(han)


Sumber

https://dnetwork.site/pulang-dari-bandung-74-mahasiswa-jambi-masuk-daftar-odp-okezone-news/

Subscribe to receive free email updates: